Tuesday, October 26, 2010

Pick Up Tangguh dan Elegan yang Menguntungkan

KEBUTUHAN akan kendaraan komersial berukuran kecil seperti pick up demi menunjang kegiatan perekonomian masyarakat Indonesia makin dibutuhkan. Meski demikian, kendaraan komersial yang ada tidak sekadar mengedepankan keandalan power semata. Desain apik yang memberikan kenyamanan berkendara namun tetap memperhatikan faktor ekonomis merupakan perkembangan baru dari kebutuhan pelanggan atau pemakai pick up saat ini.

PT Toyota Astra Motor PT (TAM) menjawab kebutuhan tersebut dengan menghadirkan Toyota Hilux yang siap warnai bisnis di Indonesia. Di Indonesia, Hilux hadir dengan beberapa varian, mulai dari tipe cab and chasis sehingga konsumen dapat dengan bebas menambah karoseri yang dibutuhkan.

Tipe single cabin (deck) yang sudah dilengkapi dek kargo yang lapang dapat menampung barang komersial penunjang aktivitas perekonomian. Rangka dek yang kuat memberikan kemudahan dan ketenangan dalam melakukan bisnis. Kedua tipe itu digerakkan dengan mesin 16 valve DOHC 2.0 VVT-i berbahan bakar bensin yang menghasilkan performa optimal dan responsif.

Semenjak dipasarkannya Hilux double cabin (D-Cab) berpenggerak 4 x 4 di Indonesia pada International Indonesia Motor Show (IIMS) 2009, pasar Toyota di segmen kendaraan komersial makin meluas. Bidang usaha pertambangan, perkebunan, dan konstruksi menjadi konsumen terkuat sekarang ini.

Hilux D-Cab bermesin 2,982 CC dengan 16 valve DOHC, D-4D, intercooler, dan VNT menghasilkan performa mesin yang maksimal sehingga ketahanan atau durabilitas yang dimiliki double cabin produksi PT TAM itu tidak perlu diragukan. Tuas transfercase beroperasi pada posisi 4L untuk merayap di medan berat. Sementara teknologi VNT memberikan tekanan udara pada putaran mesin yang mencapai daya maksimum 163 PS pada 3.400 rpm.

Kekuatan itu yang membuat Hilux dapat menaklukkan berbagai tantangan medan. Mulai dari lumpur di pedalaman, tanjakan, jalanan berliku di daerah pegunungan, hingga melintasi jalanan perkotaan dengan spal yang rusak atau tergenang banjir. Seluruhnya tak menjadi masalah untuk dilalui Hilux.

Bahkan jalur melintas dasar sungai yang menjadi rata akibat erosi pun bisa diantisipasi. Tuas transfercase beroperasi pada posisi 4L untuk merayap di medan berat. Sementara teknologi VNT memberikan tekanan udara pada putaran mesin yang mencapai daya maksimum 163 PS pada 3.400 rpm, hingga Hilux dapat menaklukkan lumpur di pedalaman.

Sistem suspensi double wishbone dengan koil pegas dilengkapi stabilizer menunjang kenyamanan perjalanan jarak jauh dan track berat. Pegas daun pada suspensi elakang bekerja maksimal agar beban berat pada dek kargo bisa diantisipasi tanpa mengurangi kenyamanan enumpang belakang. Getaran mesin yang dihasilkan pun minim, namun tenaganya tetap melimpah. Cara itu membuat pemakaian bahan bakar lebih efisien dan emberikan dampak ramah lingkungan.

Tipe Hilux D-Cab makin digemari karena selain berfungsi sebagai kendaran komersial, kenyataannya trennya pun berubah mengarah kepada kendaraan yang stylish dan sporty. Didukung dengan desain eksterior yang proporsional, dinamis, dan modern serta desain interior yang mewah dan nyaman, Hilux siap untuk menjadi pusat perhatian di Indonesia.

No comments:

Post a Comment