Sunday, September 5, 2010

Nyaman Depan Belakang (TOYOTA ALPHARD)


SEJATINYA Alphard adalah sebuah kata Arab yang berarti solitary atau terpencil. Namun,berkat Toyota Alphard, kata tersebut seperti bergeser menjadi keanggunan sekaligus kemewahan.

Hal itulah yang Seputar Indonesia rasakan saat mencoba versi terbaru Toyota Alphard 2.4 G. Mobil yang dipamerkan di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2010 beberapa waktu lalu itu mengusung unit 2.362 cc 4 silinder dan mampu mencapai tenaga 170 daya kuda. Terasa familier? Wajar karena kapasitas mesin ini sama dengan Toyota Camry.

Untuk merasakan kemewahan dan kenyamanan mobil tersebut, Seputar Indonesia pertama kali mencoba sebagai penumpang. Begitu masuk, Seputar Indonesia langsung disambut dengan captain seat yang dibalut dengan kulit berwarna beige.
Duduk sebagai penumpang, satu hal yang sangat terasa adalah kenyamanannya. Namun,proses adaptasi captain seat terasa sulit karena tombol-tombol yang ada di sisi kanan atau kiri (tergantung kursi), sangat sulit diraba. Bahkan, butuh waktu beberapa menit bagi Seputar Indonesia untuk menemukan tombol untuk membaringkan kursi. Namun, setelah semuanya berhasil ditemukan, kenyamanannya benar-benar luar biasa. Semua jok mobil kecuali barisan paling belakang, bisa digunakan untuk berbaring layaknya berada di tempat tidur.

Jika Anda ingin tidur di kursi dan menikmati panorama angkasa luar, Toyota Alphard 2.4 G melengkapi dirinya dengan fasilitas sunroof di bagian tengah dan depan. Di bagian tengah, yakni penumpang, sunroof ini mampu terbuka lebar. Jadi Anda benar-benar mampu melihat semua yang ada di bagian atas Anda. Luar biasa! Kenyamanan semakin terjaga karena fitur hiburan di mobil ini memang benar-benar mumpuni.

Mobil ini dilengkapi sound system Toyota 8 speaker dan 2 Din Audio Video touch screen 7 inci yang dapat memainkan radio AM/FM, DVD,VCD,CD,MP3, dan WMA. Namun, seperti kala Seputar Indonesia beradaptasi dengan captain seat, pengoperasian tombol-tombol di mobil ini butuh waktu yang cukup lama. Solusinya mungkin adalah mempelajari terlebih dulu dengan membaca buku panduan dengan baik. Sayang, buku panduan yang Seputar Indonesia temukan di unit test drive ini hanyalah buku panduan navigasi. Oke, lanjut ke performa saja. Bicara performa bisa dikatakan Anda tidak seperti mengendarai sebuah kendaraan besar. Tenaga tersedia di setiap rentang putaran mesin.

Torsi 224 Nm pada 4.000 rpm memastikannya tidak kesulitan saat melepaskan diri dari kemacetan. Alphard ini dilengkapi mode manual jika Anda belum puas bermain dengannya. Perbandingan gigi dihasilkan seketika Anda menaikkan atau menurunkan posisi gigi. Sedikit mengentak, terutama pada rpm tinggi tapi tidak terlalu mengganggu.

Tentu dengan tetap melihat gaya mengemudi dan putaran mesin. Namun, mobil ini tidak menghasilkan efek engine brake saat gigi diturunkan. Adapun yang patut diacungi jempol dari mobil ini adalah pengendalian Alphard yang cukup lincah. Kendati setir ringan, mobil ini cukup mengimbangi olah kemudi pengendaranya. Meski toh tetap saja Seputar Indonesia merasa manuver menjadi agak terbatas mengingat bodi mobil yang bongsor. Kenyaman di dalam kabin tidak perlu diragukan. Suspensi empuk dipertegas dengan nuansa mewah dan berkelas.

Bisa dikatakan, semua fitur pemanja penumpang serupa dengan milik Toyota Alphard 3.5 Q. Pengurangan hanya tampak dari pembuka bagasi yang masih manual. Hal ini memang menjadi keuntungan karena Toyota Alphard 2.4 G dijual dengan harga Rp906 juta.Sementara kita ketahui Toyota Alphard 3.5 Q yang ada saat ini dibanderol dengan harga Rp1,112 miliar. Jika Anda memang tertarik memiliki beberapa fitur yang ada di Toyota Alphard 3.5 Q dengan harga yang lebih ramah, tentu saja pilihan Anda tidak akan jauh dari Toyota Alphard 2.4 G. Jika harga tersebut masih terlalu mahal, kabarnya PT Toyota Astra Motor (TAM) masih memiliki varian Toyota Alphard 2.4 X yang dijual dengan harga Rp806 juta. Anda tertarik? (wahyu sibarani)
BY:http://www.toyota.co.id

HARGA BATAM
TOYOTA ALPHAARD TYPE X = 750 JT
TOYOTA ALPHAARD TYPE G = 842 JT
TOYOTA ALPHAARD TYPE V = 1 M

No comments:

Post a Comment