Wednesday, August 18, 2010

Trik Jitu Berslalom Ria Autobild


Toyota Yaris telah terbukti merupakan mobil bertenaga dan lincah yang sangat kompetitif di arena slalom. Terbukti dengan diraihnya Juara Nasional Djarum Black Slalom 2009 oleh Toyota Team Indonesia dengan Yarisnya. Seperti kita tahu, slalom adalah cabang olah raga otomotif yang menuntut kecepatan dan kesigapan mobil meliuk di antara kun.

Nah, buat kamu yang tertarik untuk ikutan slalom dengan Yaris, berikut ini ada beberapa teknik dasar dan trik modifikasi yang bisa dipelajari.

PERSIAPAN MOBIL
Tidak banyak yang harus dilakukan pada mobil slalom. Paling utama adalah memakai suspensi lebih kaku dan membuat rem tangan lebih pakem. Sistem ABS juga bisa dinonaktifkan untuk memudahkan rem belakang mengunci.
U-TURN
Ini istilah keren untuk gerakan berputar balik. Begitu mendekati kun dari kecepatan tinggi rem-lah mobil dengan kencang tanpa membuatnya mengunci. Tujuan pengereman ini ada dua, yaitu untuk memperlambat mobil dan menundukkan bagian depan supaya ban depan lebih mencengkeram. Tempatkan tangan kanan di posisi setir jam 9 jika ingin belok kanan, dan di jam 3 bila hendak belok kiri.

Sesaat sebelum membelok, masukkan persneling ke gigi 1 dan mulailah membelokkan mobil di dekat kun pada kecepatan sekitar 30 km/jam bersamaan dengan melepas pedal rem. Saat setir belok, tariklah rem tangan dan seketika bagian belakang mobil akan membuang.

Pada momen ini, jangan sekali-kali menginjak kopling supaya tak lepas kendali. Begitu mobil mencapai arah yang diinginkan, lepaskanlah rem tangan dan injak gas secara gradual serta melepas injakan kaki kiri dari rem.

ZIG-ZAG
Kunci utama dari zig-zag adalah menentukan kecepatan paling optimal. Bila terlalu cepat, maka akan terjadi gejala understeer yang merugikan waktu. Anda berada di kecepatan optimal bila ada sedikit bunyi mendecit dari ban tanpa kehilangan kendali.

Melajulah di kecepatan optimal itu dan membeloklah zig-zag dengan ritme dan jalur yang konstan. Bila terlalu cepat atau lambat, mainkanlah pedal gas secara gradual dan halus. Setiap pergerakan mendadak akan membuat ritme zig-zag hilang.

REVERSE SLIDE
Gerakan ini sangat indah disaksikan, yaitu mobil mundur dan seketika berbalik arah dan langsung maju. Untuk melatih gerakan ini, Anda harus memastikan area belakang, samping kiri dan samping kanan mobil Anda bebas dari halangan apapun.

Begitu siap, masukkan gigi mundur dan injaklah gas penuh sambil menjaga setir tetap lurus dengan posisi tangan kanan di jam 9 setir. Saat putaran mesin mencapai 4.000 rpm, putar setir searah jarum jam dengan cepat hingga tangan berada di posisi jam 3. Gas tetap diinjak dengan yakin.

Disinilah mengapa kami merekomendasikan Toyota Yaris untuk slalom, keunggulan Mesin 1 -NZ FE VVT-inya yang responsif dan tenaga yang tinggi sangat mendukung dalam memproduksi tenaga yang dibutuhkan untuk momentumnya.

Di momen ini bagian depan akan langsung bergeser. Begitu sudah 90 derajat bergeser, segera luruskan setir ditandai dengan tangan Anda berada di posisi jam 12. Selanjutnya lepas injakan gas, injak kopling dan gunakan tangan kiri untuk memasukkan transmisi ke gigi 1.

Tahan setir tetap lurus, dan begitu mobil telah balik arah sempurna barulah lepaskan kopling dan injak gas untuk melajukan mobil ke depan.

Sekali lagi, manuver ini cukup sulit dan membutuhkan latihan banyak. Oleh karena itu pastikan Anda melakukannya di lintasan tertutup dan tanpa halangan apapun di sekitarnya.

No comments:

Post a Comment