Tuesday, October 26, 2010

Pick Up Tangguh dan Elegan yang Menguntungkan

KEBUTUHAN akan kendaraan komersial berukuran kecil seperti pick up demi menunjang kegiatan perekonomian masyarakat Indonesia makin dibutuhkan. Meski demikian, kendaraan komersial yang ada tidak sekadar mengedepankan keandalan power semata. Desain apik yang memberikan kenyamanan berkendara namun tetap memperhatikan faktor ekonomis merupakan perkembangan baru dari kebutuhan pelanggan atau pemakai pick up saat ini.

PT Toyota Astra Motor PT (TAM) menjawab kebutuhan tersebut dengan menghadirkan Toyota Hilux yang siap warnai bisnis di Indonesia. Di Indonesia, Hilux hadir dengan beberapa varian, mulai dari tipe cab and chasis sehingga konsumen dapat dengan bebas menambah karoseri yang dibutuhkan.

Tipe single cabin (deck) yang sudah dilengkapi dek kargo yang lapang dapat menampung barang komersial penunjang aktivitas perekonomian. Rangka dek yang kuat memberikan kemudahan dan ketenangan dalam melakukan bisnis. Kedua tipe itu digerakkan dengan mesin 16 valve DOHC 2.0 VVT-i berbahan bakar bensin yang menghasilkan performa optimal dan responsif.

Semenjak dipasarkannya Hilux double cabin (D-Cab) berpenggerak 4 x 4 di Indonesia pada International Indonesia Motor Show (IIMS) 2009, pasar Toyota di segmen kendaraan komersial makin meluas. Bidang usaha pertambangan, perkebunan, dan konstruksi menjadi konsumen terkuat sekarang ini.

Hilux D-Cab bermesin 2,982 CC dengan 16 valve DOHC, D-4D, intercooler, dan VNT menghasilkan performa mesin yang maksimal sehingga ketahanan atau durabilitas yang dimiliki double cabin produksi PT TAM itu tidak perlu diragukan. Tuas transfercase beroperasi pada posisi 4L untuk merayap di medan berat. Sementara teknologi VNT memberikan tekanan udara pada putaran mesin yang mencapai daya maksimum 163 PS pada 3.400 rpm.

Kekuatan itu yang membuat Hilux dapat menaklukkan berbagai tantangan medan. Mulai dari lumpur di pedalaman, tanjakan, jalanan berliku di daerah pegunungan, hingga melintasi jalanan perkotaan dengan spal yang rusak atau tergenang banjir. Seluruhnya tak menjadi masalah untuk dilalui Hilux.

Bahkan jalur melintas dasar sungai yang menjadi rata akibat erosi pun bisa diantisipasi. Tuas transfercase beroperasi pada posisi 4L untuk merayap di medan berat. Sementara teknologi VNT memberikan tekanan udara pada putaran mesin yang mencapai daya maksimum 163 PS pada 3.400 rpm, hingga Hilux dapat menaklukkan lumpur di pedalaman.

Sistem suspensi double wishbone dengan koil pegas dilengkapi stabilizer menunjang kenyamanan perjalanan jarak jauh dan track berat. Pegas daun pada suspensi elakang bekerja maksimal agar beban berat pada dek kargo bisa diantisipasi tanpa mengurangi kenyamanan enumpang belakang. Getaran mesin yang dihasilkan pun minim, namun tenaganya tetap melimpah. Cara itu membuat pemakaian bahan bakar lebih efisien dan emberikan dampak ramah lingkungan.

Tipe Hilux D-Cab makin digemari karena selain berfungsi sebagai kendaran komersial, kenyataannya trennya pun berubah mengarah kepada kendaraan yang stylish dan sporty. Didukung dengan desain eksterior yang proporsional, dinamis, dan modern serta desain interior yang mewah dan nyaman, Hilux siap untuk menjadi pusat perhatian di Indonesia.

Sunday, October 17, 2010

Lebih Segar dengan Tampilan Baru (NEW RUSH)


PEKAN ini pasar sport utility vehicle(SUV) low diramaikan dengan hadirnya dua SUV kembarDaihatsu Terios dan Toyota Rush. Meski keduanya mengusung platform yang sama, namun fitur yang disajikan berbeda.

Seperti halnya Daihatsu Xenia dan Toyota Avanza, SUV ini merupakan hasil kolaborasi kedua pabrikan Jepang itu. Bedanya, bila Daihatsu Terios merupakan SUV 7-seater, Toyota Rush hadir dengan konsep SUV 5-seater. Toyota Rush terbaru ini tampil dengan perubahan pada front and rear bumper with garnish, side visor, steering wheel dengan steering switch, desain pelek yang baru, dan rear bumper yang didesain lebih segar. Pada bagian interior, New Rush hadir dengan combination meter baru, console box, automatic transmission with shift lock, AC Switch with chrome ring, dan audio system 2DIN.
Namun, PT Toyota Astra Motor (TAM) memberikan opsi kepada konsumen yang menginginkan adanya jok baris ketiga. Agar bisa memuat penumpang yang lebih banyak, jok baris ketiga ini dijual terpisah. Memang sejak pertama kami luncurkan, jok baris ketiga memang tidak dijual satu paket. Karena saat itu karakternya lebih ditekankan pada sporty dan adventure. Tapi karena banyaknya permintaan untuk opsi tambahan, kami menghadirkan opsi penambahan tersebut, papar Direktur PemasaranTAM Joko Trisanyoto.

Selain jok belakang sebagai opsi tambahan, juga terdapat item tambahan yang bisa diaplikasikan, seperti pengontrol tekanan ban. Namun spesifikasi mesin Toyota tetap mengaplikasikan dari generasi sebelumnya. SUV medium itu tetap mengusung mesin 1.5 liter 16V DOHV, VVT-i yang bisa mengeluarkan tenaga sebesar 109 ps pada 6.000 rpm dan torsi 14.4 kgm pada 4.400 rpm. Joko mengatakan, hadirnya New Rush ini dimaksudkan untuk menjaga pangsa pasar agar selalu memilih Toyota. Sepanjang Januari hingga September 2010, penjualan Rush mencapai angka 14.000-an unit atau sekitar 1.500 unit setiap bulannya.

Kita tidak pernah menetapkan target lewat angka. Kita akan mengikuti perkembangan pasar meski kita akan berusaha mempertahankan pangsa pasar di atas 50%, katanya. Joko menyatakan, New Rush juga menawarkan fitur keselamatan yang lengkap, terutama dengan adanya sistem pengereman antilock braking system (ABS) dan dipasangkannya air bag untuk pengemudi dan penumpang. New Rush hadir dalam empat pilihan tipe,yakniS A/T,S M/T,G A/T, dan G M/T. Selain itu, juga ada beberapa warna baru, yaitu White, Champagne Metalic, dan Dark Grey, yang melengkapi warna sebelumnya, Silver Mica Metalic dan Black Mica.

Sama seperti Daihatsu New Terios, konsumsi BBM Toyota New Rush juga diklaim lebih irit sekitar 6% dibanding versi lama. Kami tidak menyediakan versi dress up seperti Terios, karena semuanya sudah lengkap dipasang pada New Rush,ungkap Joko.