Tuesday, August 31, 2010

Natural Elegance

Me-make over sebuah mobil dengan basic city car menjadi bertampang elegan memang sebuah tantangan tersendiri. Tantangan ini terpecahkan oleh modilover asal kota Palembang bernama Achmad Azhari dengan modal Toyota Yaris miliknya.

Pemilihan detail perangkat variasi dengan branded elegance salah satu kunci mengapa mobil rakitan tahun 2007 layak menyabet King Elegant dalam perhelatan Accelera Auto Contest Palembang lalu.

Body kit custom dengan referensi DS Style dipercayakan pengerjaannya pada rumah modif Brilliant Jakarta. Langkah wide body dengan fokus utama pada over fender menjadikan velg Kranze Bazreia 20" dengan ukuran tapak unik yakni 9" dan 10" sempurna mengisi sektor ini.

Imbuhan foglamp eks Hyundai Matrix pada front bumper serta sunroof Webasto pada plafon sempurnakan konsep elegan pada eksterior yang dilabur oleh Red Candy Spies Hecker.

Melaju ke langkah modif di sektor interior, balutan kulit Mastrotto warna hitam mendominasi disini.

Perangkat wood panel dashboard, doortrim dan stir kemudi dipilih sebagai upaya harmonisasi elegance style pada kabin interior. Pedal set D.A.D dan shiftknob Garson adalah jurus elegance selanjutnya pada sektor ini. Tak lupa minibar custom dengan sentuhan aseso D.A.D di kabin depan maupun belakang pertegas aura elegance.

In Car Entertainment berjantung pada headunit Vidiq 838 DVD yang pengatur dayanya dipercayakan pada power amplifier Performa Monoblock dan Performa 4 Channel. Dentuman nada rendah dialirkan dari subwoofer Rockford Punch 2. Sedangkan nada tengah dan tinggi dikombinasikan oleh tweeter dan middle speaker MB Quart. Capasitor bank Max Audio 1.5 farad cukup layak menahan daya listirk agar performa audio tidak drop sama sekali.

SPEK MODIF:
BODY KIT : DS Style Custom by Brilliant Jakarta, CAT : Candy Red Spies Hecker, FOGLAMP : Matrix, SUNROOF : Webasto, KNALPOT : LS 460, VELG : Kranze Bazreia 9"/10"-20", BAN : Forceum Hexa 225/30 & 235/30, AIR SUSPENSION : Air Runner 4 Point, INTERIOR : Mastroto Leather, PEDAL SET : D.A.D, SHIFTKNOB : Garson, HEAD UNIT : Vidiq 838 DVD, POWER AMPLIFIER : Performa Monoblock & Performa 4 Channel, TEETEER/MIDDLE SPEAKER : MB Quart, SUBWOOFER : Rockford Punch 2, TV : Ivio 15" & JEC 5,6", AIR FILTER : Simotta, STRUT BAR : Ultra Racing, GROUND WIRE : Pivot Raizin

by:http://www.toyota.co.id

Thursday, August 26, 2010

Toyota Yaris Raih Penjualan 1.717 unit MobilMotor


TOYOTA Yaris semakin kuat menancapkan dirinya sebagai mobil pilihan konsumen ber-jiwa muda di Indonesia. Terlihat dari pangsa pasar Juni 2010, naik 3,12% dibanding bulan sebelumnya, yaitu membukukan pangsa pasar 32,4%. Selama 2010, kenaikan pangsa pasar Toyota Yaris mencapai 13%. Selama Juni 2010, penjualan retail Toyota Yaris mencapai 1.717 unit atau naik 25,1% dibanding bulan sebelumnya. Sedang pada Juni ini, penjualan ritel sebesar 26.062 unit, naik 17,6% dibanding Mei 2010.
Bahkan hingga Juni 2010, Toyota telah membukukan penjualan sebanyak 138.570 unit dengan pangsa pasar 39,2%, atau naik sebesar 64,8% jika dibandingkan periode yang sama tahun 2009. Kontribusi penjualan terbesar berasal dari Toyota Avanza dan Toyota Innova. Penjualan retail Avanza mencapai 13.220 unit, naik 20% daripada bulan sebelumnya. Sementara penjualan Innova mencapai 4.934 unit, naik 26,2% daripada bulan sebelumnya. Selama Juni 2010 pasar Otomotif Indonesia mengalami kenaikan yang cukup signifikan, kenaikan pasar retail 4x2 compact medium 13% dan berhasil mencetak pasar kendaraan penumpang sebesar 24,238 unit. "Kenaikan penjualan pasar otomotif nasional pada Juni untuk kendaraan penumpang maupun komersial sangat tinggi. Hal ini dapat menjadi indikator perekonomian yang lebih baik. Kami akan berkomitmen untuk dapat ambil bagian dalam usaha pengembangan industri otomotif tanah air," kata Johnny Darmawan, Presiden Direktur PT. Toyota-Astra Motor (TAM) (by:http://www.toyota.co.id/)

Monday, August 23, 2010

Sarat Teknologi, Harga Rp2 Miliar


BATAM (BP) - PT Agung Automall Batam menghadirkan Lexus terbaru, LX570 generasi ketiga LUV (Luxury Utility Vehicle). Tampilan mobil mewah ini kombinasi mobil Luxury Utility Vehicle dengan kenyamanan dan kemewahan sekelas sedan.

“Lexus LX570 ini dibanderol seharga Rp2 miliar,” kata Kepala Penjualan Toyota Agung Auto Mall, Andi Priatna, Senin (23/8).

Lalu apa yang membuat harga mobil Lexus ini sangat tinggi? Andi menjawab yang membuat mahal adalah teknologinya. “Teknologi sudah canggih dan sangat memanjakan pengendara,” ujarnya.

Dari segi desain L-Finesse, secara khusus terbaca melalui desain grill depan yang dibuat lebar dan lancip merefleksikan ciri khas Lexus. Kesan kokoh dan bertenaga juga terlihat pada bagian cover mesin yang dipadankan dengan karakter garis pada bumper depan. Headlamp didesain ulang lebih besar untuk menambah kesan maskulin sejati. Secara keseluruhan eksterior LX570 didominasi oleh alur garis tegas yang mencirikan kekuatan dari kendaraan SUV termewah saat ini.
LX570 dipersenjatai dengan mesin 3UR-FE, V8 AWD berkapasitas 5.7L, mampu menghasilkan tenaga sebesar 362 hp pada 5600 rpm dan besaran torsi mencapai 530 Nm di putaran 4000 rpm. Seluruh tenaga LX570 disokong dengan penggunaan transmisi otomatis enam percepatan. “Kendaraan ini selain didukung dengan teknologi terbaik, konsumsi bahan bakar yang dimiliki juga cukup efisien,” jelas Andi.

Salah satu fitur andalan dari LX570 adalah Electro-Hydraulic Suspension yang dipadukan dengan Active Height Control (AHC) dan Adaptive Variable Suspension. Kombinasi ini memungkinkan suspensi dapat turun 2 inci saat menaik-turunkan penumpang dan secara otomatis akan kembali pada posisi normal saat mobil bergerak. Pada kecepatan di atas 40 km per jam suspensi bagian depan akan turun sekitar 1 inci, sedangkan pada kecepatan di bawah 40 km per jam sistem suspensi naik 3 inci. Naik turunnya suspensi berkat kinerja system AHC.

Kesan mewah dan eksklusif pun langsung menyambut saat memasuki kabin. Hal ini terlihat dengan penggunaan material kualitas tinggi yang akan memberi kenyamanan bagi siapapun yang berada di dalam kabin. Bagian dashboard dilengkapi oleh beragam fitur operasional dengan aksen wood dan chrome, bagian tengah dashboard terintegrasi perangkat audio dengan layar sentuh pada bagian depan dan tengah. Khusus perangkat audio LX570 dilengkapi oleh 19 speaker Mark Levinson yang akan menghantarkan sebanyak dua ribu lagu yang tersimpan pada perangkat harddisk.

LX570 tentu saja dilengkapi dengan fitur keselamatan lengkap. Ada sepuluh titik air bag, active front headrest, belt pretensioner, serta direct tire pressure monitor system yang akan memberikan informasi tekanan pada ban. “Secara keseluruhan perangkat teknologi yang tertanam pada LX570 bekerja secara elektronik. Artinya setiap pengendara dan penumpang dapat dengan mudah dan nyaman menikmati perjalanan dengan segala kemudahan,” paparnya.

Tidak hanya sampai di situ, saat duduk di jok kulit yang asli baik pengendara maupun penumpang akan dimanja oleh sistem elektrik. Agar makanan dan minuman tetap dingin, tersedia mini cool box. Untuk menaikkan ataupun menurunkan bangku cukup tekan tombol, secara otomatis kursi akan melipat maupun membuka. “Posisi jok pengendara juga bisa distel secara otomatis. Tinggal tekan angka 1, 2 ataupun 3,” sebut Andi sembari memperlihatkan tombol-tombol yang melekat di pintu depan.

Begitu ketika akan menikmati fitur-fitur canggih lainnya, pengendara cukup tekan tombol. Secara otomatis akan berfungsi dan tentu saja akan membuat pengendara dan penumpang semakin nyaman dalam perjalanan.

“Bagi yang berminat Lexus LX570 ini sekarang bisa pesan di Agung Automall Batam. Untuk informasi lebih jelas tentang kelebihan mobil ini bisa juga telepon ke showroom kami,” imbau Andi (by:batam pos)

Sunday, August 22, 2010

Toyota Ekspor Fortuner


JAKARTA- Toyota melalui PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia akan kembali mengekspor kendaraan sport (SUV) Fortuner ke pasar negara-negara di kawasan Timur Tengah dan Filipina pada Oktober 2010.

Kepala Hubungan Eksternal PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) Irwan Priyantoko di Jakarta, Minggu, membenarkan rencana Toyota kembali mengekspor Fortuner dari Indonesia setelah sembilan bulan terakhir yaitu sejak November tahun lalu pihaknya tidak mengekspor mobil itu.

"Kebetulan pasar ekspor meningkat sehingga kami bisa mengekspor kendaraan itu lagi," ujar Irwan.

Ia mengatakan tujuan ekspor Fortuner adalah negara-negara di kawasan Timur Tengah seperti Arab Saudi, Uni Emirat Arab, Kuwait, Bahrain, dan Oman, di samping satu negara di ASEAN yaitu Filipina.
Berdasarkan data TMMIN pada 2009 Toyota mengekspor 4.690 unit Fortuner dari Indonesia selama Januari sampai Oktober.

Selain Fortuner, Toyota juga mengekspor kendaraan serbaguna (MPV) Innova sebanyak 8.325 unit pada 2009, dan pada Januari-Juli 2010 ekspornya mencapai 6.290 unit.

Selain itu TMMIN juga mengekspor Rush dan Avanza masing-masing sebanyak 2.991 unit dan 15.256 unit pada 2009. Pada Januari-Juli 2010, ekspor kedua kendaraan itu telah mencapai 12.294 unit untuk Avanza dan 1.763 unit untuk Rush.

TMMIN, lanjut Irwan, memproyeksikan ekspor mobil Toyota dari Indonesia mencapai 47 ribu unit.

Sementara itu Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor (TAM) Joko Trisanyoto mengatakan pulihnya perekonomian dunia mendorong permintaan ekspor lebih tinggi sehingga ekspor Fortuner yang dalam beberapa bulan terakhir berasal dari Thailand dialihkan ke Indonesia.

"Toyota sendiri memiliki tiga pabrik di Thailand, yang sebagian besar untuk pasar ekspor. Namun karena permintaan ekspor yang tinggi, ekspor Fortuner ke Timur Tengah dialihkan ke Indonesia (TMMIN)," katanya. (SUARA MERDEKA)

Friday, August 20, 2010

TOYOTA READY STOCK

ready stock toyota batam (agung auto mall)

1. avanza G M/T light green
2. avanza G M/T aqua metalic
3. innova V A/T grey
4. innova V A/T hitam (2 unit)
5. innova V A/T lux grey
6. yaris J A/T putih/ silver
7. yaris E A/T merah
8. yaris E A/T light blue

buruan...
sebelum kehabisan..

Hal-hal kecil antar Toyota terbaik J.D Power CSI 2010



Toyota-Astra Motor dinilai paling memuaskan konsumen dalam layanan purna jual versi J.D. Power Asia Pacific. Pengakuan itu diperoleh dari survei Customer Satisfaction Index 2010 yang menempatkan Toyota di posisi teratas. Secara resmi Rajeev, Country Manager J.D. Power Asia Pacific menyerahkan penghargaan itu kepada Presiden Direktur PT TAM, Johnny Darmawan di Jakarta, Rabu (18/8).

Toyota meraih nilai tertinggi diantara sembilan merek kendaraan dalam studi ini dengan meraih nilai 758 point, dimana rata-rata industri adalah 750 point. Peforma Toyota dinilai baik pada bidang inisiasi servis, fasilitas servis, pemgambilan kendaraan dan kualitas servis. Dibawah Toyota adalah Hyundai (752) dan Nissan (750).

"Kemampuan untuk memberikan pelayanan terbaik sangat menentukan untuk menjaga agar konsumen bersedia kembali merawat mobilnya di dealer," kata Nair. Menurut penilaiannya, Toyota konsisten melakukan peningkatan pelayanan pada konsumen, dan berhasil memberikan pelayanan sesuai ekspektasi konsumen.
Perbaikan yang dilakukan Toyota di semua lini, hingga hal-hal yang terlihat kecil, namun nyatanya memberi pengaruh besar dalam membangun persepsi positif di benak pelanggan.

Contoh kecil adalah menyambut pelanggan sesaat setelah tiba di dealer. Ini memberi kesan positif dan mengurangi waktu yang diperlukan untuk memulai servis kendaraan. "Faktor ini sangat penting terutama sewaktu banyak pelanggan yang mengunjungi pusat servis, antara jam 9-11 pagi, dimana lebih dari setengah pelanggan servis mengemukakan inilah waktu yang di inginkan untuk menservis kendaraan mereka di dealer," tutur Rajeev.

Hal kecil lain yang membuat pelanggan Toyota mengacungkan jempol adalah kebersihan mobil. Lebih dari separuh pelanggan terkesan karena mobilnya jadi lebih bersih ketika keluar dari bengkel dibandingkan saat masuk. Ini membangun kesan bahwa mobil pelanggan diperlakukan dengan baik dan dihargai sebagai bagian dari penghargaan terhadap konsumen.

"Survei ini benar-benar tidak bisa diprediksi karena murni merupakan pendapat konsumen. Saya terkejut ketika Rajeev Nair menelpon saya dan mengabarkan Toyota nomer satu. Bagi saya, ini menunjukkan Toyota sudah berada di jalan yang benar untuk memberikan kepuasan pada pelanggan," tutur Johnny.

Studi ini melibatkan 2696 responden yang mewakili 14 merk mobil di Indonesia. Survei dilakukan Sumatra Utara, Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur yang berlangsung antara Februari - Mei 2010.

Sudah lebih dari sepuluh tahun J.D. Power Asia Pacific melakukan survai Customer Service Index (CSI) di Indonesia. Survei ini untuk mengukur tingkat kepuasan pemilik kendaraan yang mengunjungi pusat servis dealer resmi untuk perbaikan pada 12 - 24 bulan pertama kepemilikan kendaraan. Studi ini mengukur kepuasan secara menyeluruh pengalaman servis dengan mengukur kinerja dealer pada lima faktor yaitu kualitas servis, pengambilan kendaraan, inisiasi servis fasilitas servis dan petugas pelayanan servis. Peforma CSI dilaporkan dalam bentuk index berdasarkan skala 1000 poin.

Wednesday, August 18, 2010

Trik Jitu Berslalom Ria Autobild


Toyota Yaris telah terbukti merupakan mobil bertenaga dan lincah yang sangat kompetitif di arena slalom. Terbukti dengan diraihnya Juara Nasional Djarum Black Slalom 2009 oleh Toyota Team Indonesia dengan Yarisnya. Seperti kita tahu, slalom adalah cabang olah raga otomotif yang menuntut kecepatan dan kesigapan mobil meliuk di antara kun.

Nah, buat kamu yang tertarik untuk ikutan slalom dengan Yaris, berikut ini ada beberapa teknik dasar dan trik modifikasi yang bisa dipelajari.

PERSIAPAN MOBIL
Tidak banyak yang harus dilakukan pada mobil slalom. Paling utama adalah memakai suspensi lebih kaku dan membuat rem tangan lebih pakem. Sistem ABS juga bisa dinonaktifkan untuk memudahkan rem belakang mengunci.
U-TURN
Ini istilah keren untuk gerakan berputar balik. Begitu mendekati kun dari kecepatan tinggi rem-lah mobil dengan kencang tanpa membuatnya mengunci. Tujuan pengereman ini ada dua, yaitu untuk memperlambat mobil dan menundukkan bagian depan supaya ban depan lebih mencengkeram. Tempatkan tangan kanan di posisi setir jam 9 jika ingin belok kanan, dan di jam 3 bila hendak belok kiri.

Sesaat sebelum membelok, masukkan persneling ke gigi 1 dan mulailah membelokkan mobil di dekat kun pada kecepatan sekitar 30 km/jam bersamaan dengan melepas pedal rem. Saat setir belok, tariklah rem tangan dan seketika bagian belakang mobil akan membuang.

Pada momen ini, jangan sekali-kali menginjak kopling supaya tak lepas kendali. Begitu mobil mencapai arah yang diinginkan, lepaskanlah rem tangan dan injak gas secara gradual serta melepas injakan kaki kiri dari rem.

ZIG-ZAG
Kunci utama dari zig-zag adalah menentukan kecepatan paling optimal. Bila terlalu cepat, maka akan terjadi gejala understeer yang merugikan waktu. Anda berada di kecepatan optimal bila ada sedikit bunyi mendecit dari ban tanpa kehilangan kendali.

Melajulah di kecepatan optimal itu dan membeloklah zig-zag dengan ritme dan jalur yang konstan. Bila terlalu cepat atau lambat, mainkanlah pedal gas secara gradual dan halus. Setiap pergerakan mendadak akan membuat ritme zig-zag hilang.

REVERSE SLIDE
Gerakan ini sangat indah disaksikan, yaitu mobil mundur dan seketika berbalik arah dan langsung maju. Untuk melatih gerakan ini, Anda harus memastikan area belakang, samping kiri dan samping kanan mobil Anda bebas dari halangan apapun.

Begitu siap, masukkan gigi mundur dan injaklah gas penuh sambil menjaga setir tetap lurus dengan posisi tangan kanan di jam 9 setir. Saat putaran mesin mencapai 4.000 rpm, putar setir searah jarum jam dengan cepat hingga tangan berada di posisi jam 3. Gas tetap diinjak dengan yakin.

Disinilah mengapa kami merekomendasikan Toyota Yaris untuk slalom, keunggulan Mesin 1 -NZ FE VVT-inya yang responsif dan tenaga yang tinggi sangat mendukung dalam memproduksi tenaga yang dibutuhkan untuk momentumnya.

Di momen ini bagian depan akan langsung bergeser. Begitu sudah 90 derajat bergeser, segera luruskan setir ditandai dengan tangan Anda berada di posisi jam 12. Selanjutnya lepas injakan gas, injak kopling dan gunakan tangan kiri untuk memasukkan transmisi ke gigi 1.

Tahan setir tetap lurus, dan begitu mobil telah balik arah sempurna barulah lepaskan kopling dan injak gas untuk melajukan mobil ke depan.

Sekali lagi, manuver ini cukup sulit dan membutuhkan latihan banyak. Oleh karena itu pastikan Anda melakukannya di lintasan tertutup dan tanpa halangan apapun di sekitarnya.

Nyaris Tidak Terdeteksi Autobild


Dalam ingar-bingar ajang IIMS 2010, Toyota Corolla Altis 2.0 V dan 1.8 G menjadi primadona. Keduanya mengandalkan mesin Dual WT-i dengan distribusi tenaga via transmisi CVT. Kendati demikian, masih ada model 1.8 E dengan transmisi manual 6-speed yang tidak ikut dipajang di JiEX Kemayoran. Dan untuk Anda kami mencobanya.

Desain gril 1.8 E lebih lebar dari model lawas dengan imbuhan dua bilah krom. Sedangkan lampu depan belling tanpa smoke design ala varian 2.0 V. Nyaris tidak terlihat adalah berubahnya alur bawah kaca lampu mengikuti bentuk bumper. Sisi depan bumper diubah dengan dihapusnya coakan kecil di atas dan hadirnya 'batang' kokoh ala Camry.
Dimensi pelek tidak berubah kendati motifnya dibuat lebih sporty dari palang lima ganda pada 1.8 J. Bagian sampingnya sederhana tanpa imbuhan lis krom dan pelipatan spion elektrik. Sementara lampu belakang LED bening, dan bilah krom melebar menjadi ciri khas di buritan. Desain bumper turut mendapatkan sentuhan dan lampu mata kucing diubah dari bulat menjadi kotak.

Bagaimana dengan bagian dalam? Secara garis besar ia serupa model J yang digantikan. Kesan sederhana terwujud pada setir palang empat berbahan plastik empuk. Lainnya adalah tidak disematkannya panel kayu di tengah dasbor. Tombol AC manual dengan kenop putar mengingatkan pada Vios dan Yaris. Kendati demikian, versi Grand New ini terlihat lebih segar dengan detail panel instrumen baru.

Yang menarik perhatian adalah tuas transmisi di konsol tengah. Desainnya unik dengan ujung gagang bulat berlapis krom. Di atasnya tertera angka 1 sampai 6 yang menandakan Medium Sedan terbaru ini memiliki 6 pilihan rasio gigi. Inilah pertama kali kami membuktikan keberadaan transmisi manual 6-speed di Grand New Corolla Altis.

Satu lagi selling point Corolla terbaru adalah digunakannya mesin Dual VVT-i berkode 2ZR-FE. Mesin 1.798 cc 4 silinder ini mampu mengerahkan tenaga 151 dk dan torsi 194 Nm. Ini berarti lebih besar 8 dk dan lebih kuat 7 Nm dari pendahulunya, dan juga diklaim lebih ramah lingkungan.

Butuh penyesuaian dengan travel pedal kopling yang panjang saat pertama menjalankannya. Sama repotnya ketika harus membiasakan diri untuk memasukkan gigi mundur dengan menggerakkan tongkat ke arah kiri-depan dengan menarik ke atas cincin di gagang tuas transmisi. Dan jangan kaget kalau transmisi justru masuk ke gigi 6 karena kebiasaan lama, atau lupa menarik cincin karena terburu-buru.

Meski begitu, lonjakan tenaga yang dihasilkan terasa kuat. Tenaga mengalir deras hingga redline mendekati 7.000 rpm. Selain karena tenaga, sinergi rasio gigi 1 sebesar 3,538:1 dan final gear 4,294:1, membuatnya tidak kehilangan momentum. Bahkan ketika berpindah ke gigi 2 dengan rasio 1,913:1, limpahan tenaga tetap terasa dan ban depan berdecit panjang.

Sayang kami belum sempat mencicipi gigi 6 transmisinya. Berdasarkan literatur, rasio gigi 6 Corolla Altis ini adalah 0,700:1. Sedangkan rasio gigi 5 Altis lama adalah 0,815:1. Logikanya figur konsumsi bbm Altis ini bisa lebih irit ketika cruising.

Bicara kenyamanan, Altis adalah yang terbaik di kelasnya. Dan itu tidak dikurangi pada model berlabel Grand New Corolla Altis ini. Walau tidak dapat dipungkiri pengendalian Altis masuk dalam kategori biasa saja. Apalagi setirnya telah memakai power steering elektrik yang mengurangi komunikasi dengan ban.

Bisa dikatakan, apa yang menjadi andalan Altis termurah ini nyaris tidak terdeteksi jika kita tidak mendalaminya langsung. Sama dengan absennya ia dari ajang IIMS 2010 dan membuatnya hilang dari sorotan publik. Namun untuk Anda, kami rela memburu dan menyajikannya tuntas.

FIRST OPINION
Kami merasa potensi performa yang diusung Corolla Altis ini layak diacungi jempol berkat hadirnya teknologi Dual VVT-I dan transmisi baru manual 6-speed. Keberadaan transmisi manual mungkin layak dijadikan bahan perdebatan di tengah maraknya kemacetan. Namun selisih harga hingga Rp 20,3 juta dari model di atasnya, menjadikannya pilihan yang pas bagi Anda yang gemar merasakan sensasi mengemudi yang sporty.

SEKILAS PANDANG
- Fiturnya tak dilengkapi sensor parkir, sistem navigasi, CD changer, smart entry, lampu gtovebox, dan light control system.

- Tersedia berbagai aksesori resmi TGA (Toyota Genuine Accessories) untuk mempercantik tampilannya.

- Telah dilengkapi fitur keselamatan seperti dual airbags, dan rem dengan ABS+EBD.

TOYOTA COROLLA ALTIS 1.8 E M/T
Mesin: 1.798 cc 4 silinder, 151 dk
Torsi maksimum: 194 Km/4.000 rpm
0-100 km/jam: N/A
Konsumsi bbm: N/A
Transmisi: 6-spd manual/fwd
PX L X T: 4.540 x 1.760x 1.465 mm Wheelbase: 2.600 mm
Harga: Rp 328 juta